header-int

Luhkan Tanah Bumbu Ikut Serta Sukseskan HUT Polairud Ke-66 di Tanah Bumbu, KALSEL

Rabu, 22 Mar 2017, 10:58:32 WIB - 61 View
Share
Luhkan Tanah Bumbu Ikut Serta Sukseskan HUT Polairud Ke-66 di Tanah Bumbu, KALSEL

Dalam rangka dirgahayu HUT Polairud Ke-66 yang dilaksanakan di Pantai Angsana, Kecamatan Angsana, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pada Sabtu, 12 November 2016.  Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dirpolair) Polda Kalsel Kombes Gatot Wahyudi, SH didampingi Kapolres Tanah Bumbu, AKBP. Kus Biantoro,S.I.K dan Kasatpolair Polres Tanah Bumbu AKP. Parman, S.Sos telah melaksanakan kegiatan penanaman pohon, bersih pantai dan transplantasi karang.

Setelah acara dibuka oleh Dirpolair Polda Kalsel, ketiga rangkaian acara tersebut berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.  Untuk kelancaran dan kesuksesan acara, kegiatan tersebut melibatkan beberapa pihak terkait seperti Kapolsek setempat, Camat, aparat desa, tokoh masyarakat, para penyuluh perikanan yang tergabung dalam IPKANI (Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia) DPC. Tanah Bumbu, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Karang Kima Angsana, PSL (Pemuda Sahabat Laut) Angsana serta pihak terkait lainnya.

Pada kegiatan penanaman pohon, telah ditanam sebanyak 100 pohon yang terdiri dari pohon terembesi dan angsana.  Lokasi penanaman ini terletak di sebelah barat Pantai Angsana sekitar 200 m dari lokasi pusat wisata.  Setelah selesai penanaman pohon, dilakukan pembersihan pantai dengan mengambil sampah-sampah sisa makanan, kertas, plastik, maupun sampah organik lainnya.  Sampah-sampah tersebut di kumpulkan dan dibuat ke dalam kantongan plastik kemudian dimasukkan ke dalam bak sampah untuk dibuang ke TPA.

Kegiatan selanjutnya, adalah penanaman terumbu karang yang dilakukan secara bersama-sama anggota Satpolair, para kelompok dan penyuluh perikanan, tokoh masyarakat serta tidak ketinggalan para awak media yang ikut meliput kegiatan tersebut.

Penanaman terumbu karang  dilaksanakan di Batu Anjir dengan kedalaman 3 – 4 m.  Metode transplantasi yang digunakan adalah transplantasi karang metode lepas dasar, dengan mengikatkan bibit karang yang baru ke tiang subtrat (beton semen bentuk bulat) menggunakan kabel tis.  Bibit karang yang ditanam sebanyak 100 buah dengan 2 jenis karang yaitu Genus  Montipora sp dengan bentuk pertumbuhan karang (lifeform=Acropora Tabulate/ACT) dan Acropora sp (lifeform=Acropora Branching/ACB).  Kedua jenis ini dipilih karena sangat cepat tumbuh dibangdingkan jenis karang lainnya.  Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh penyuluh perikanan di lapangan, kedua jenis ini mudah tumbuh dan banyak sudah ditanam di terumbu karang di sekitar perairan Angsana dan Sungai Loban. 

Unidha IPKANI | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia | Sekretariat I : Jalan Medan Merdeka Timur No.16 Gambir, Jakarta Pusat Gedung Mina Bahari III Lantai 5 Telp/Fax. (021) 3513328 | Sekretariat II : Ruko Sun City Square Blok H Nomor 5 Jalan Mayor Hasibuan Kota Bekasi Telp.(021) 88868957.
© 2017 Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI) Follow IPKANI : Facebook Twitter Linked Youtube