header-int

Kukuhkan DPP IPKANI, KKP Dorong Penyuluh Perikanan Menjadi Backbone Diseminasi Program Pro Rakyat

Senin, 20 Mar 2017, 10:08:51 WIB - 141 View
Share
Kukuhkan DPP IPKANI, KKP Dorong Penyuluh Perikanan Menjadi Backbone Diseminasi Program Pro Rakyat

Jakarta  (15/3), Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat IPKANI Herman Khaeron sekaligus Wakil Ketua Komisi IV DPR RI mengukuhkan Dewan Pengurus Pusat - Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (DPP-IPKANI) di Ruang Arwana 1 Lt. 14 GMB 2 KKP pada rabu(15/3).

Sebelum dikukuhkan, anggota DPP-IPKANI menyatakan kesiapannya untuk dikukuhkan, siap untuk memajukan sector perikanan di Indonesia, serta loyal terhadap Kementerian Kelautan dan Perikanan di hadapan Ketua Umum DPP IPKANI. Dalam arahannya Herman Khairon menyampaikan bahwa pasca UU 23 tahun 2014, penyuluh perikanan seluruh Indonesia menjadi tenaga Kementerian Kelautan dan Perikanan dan ini dikawal oleh pemerintah bersama DPR, sehingga akan memperkuat pencapaian tujuan dan program kelautan dan perikanan.

Harapannya, penyuluh mulai beradaptasi sambil menunggu selesainya proses administrasi, “Tunjukkan prestasi hingga menyakinkan pejabat KKP bahwa penyuluh sangat penting dalam pembangunan kelautan dan perikanan. DPR sangat meyakini peran dan keberhasilan penyuluh di pembangunan KP sangat penting dan dibutuhkan di tengah masyarakat nelayan dan pembudidaya, yang sebagian besar masih belum mampu untuk mandiri, profesional, mengakses teknologi, akses permodalan, akses pasar yang kurang, dengan kehadirannya sangat dibutuhkan”.

Ia juga menambahkan, “Para pengurus IPKANI yang hari ini dikukuhkan, berikan dukungan penuh kepada KKP, dukung keberhasilan program yang pro-rakyat dan bermanfaat bagi negara, tunjukan kinerja dan profesionalisme penyuluh seluruh Indonesia”.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto, yang menyampaikan arahan kepada DPP IPKANI untuk mendorong penyelenggaraan kegiatan penyuluhan sebagai backbone diseminasi program pemerintah kepada pelaku utama untuk mendukung dalam kesejahteraan masyarakat.

“Pengukuhan hari ini merupakan langkah bagi organisasi profesi Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI) berkontribusi bagi pembangunan kelautan yang berdaulat, berkelanjutan dan sejahtera.  Oleh karena itu, diharapkan pada pengurus DPP IPKANI ini memberikan kontribusinya yang optimal bagi kemajuan pembangunan kelautan dan perikanan melalui organisasi profesi ini”, ungkap Rifky.

Menyambung arahan Ketua Umum DPP-IPKANI, Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, M. Zukficar Mochtar menyampaikan,” Para penyuluh perikanan Indonesia merupakan garda terdepan yang berdampingan dengan masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya kelautan dan perikanan.”

Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI) berdiri pada tanggal 4 Desember 2008 di Jakarta, dan berdasarkan hasil kongres IPKANI ke-3 pada tanggal 5-6 Desember 2016 di LPMP DKI Jakarta, Dr. Ir. H.E. Herman Khaeron, M. Si terpilih menjadi ketua umum DPP-IPKANI dengan masa BAKTI 2017-2020.

Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, Mulyoto yang mewakili Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan menyampaikan bahwa Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan akan menjembatani Dewan Pengurus Pusat - Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (DPP-IPKANI) dengan para penyuluh di daerah, sehingga dapat menyampaikan penguatan program-program kelautan dan perikanan kepada para penyuluh di lapangan yang akan meneruskan kembali kepada masyarakat.“Dengan adanya pengukuhan IPKANI, harapan kami penyuluh semakin kuat sebagai kekuatan SDM bidang kelautan dan perikanan,” ujar Mulyoto.

Sumber : http://brsdm.kkp.go.id/kukuhkan-dpp-ipkani-kkp-dorong-penyuluh-perikanan--menjadi-backbone-diseminasi-program-pr

Unidha IPKANI | Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia | Sekretariat I : Jalan Medan Merdeka Timur No.16 Gambir, Jakarta Pusat Gedung Mina Bahari III Lantai 5 Telp/Fax. (021) 3513328 | Sekretariat II : Ruko Sun City Square Blok H Nomor 5 Jalan Mayor Hasibuan Kota Bekasi Telp.(021) 88868957.
© 2018 Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI) Follow IPKANI : Facebook Twitter Linked Youtube